PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 2 SIDAREJA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Sugiastuti, Sugiastuti (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 2 SIDAREJA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tesis_Sugiastuti_201763045_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pengetahuan dan teknologi sekarang ini yang diiringi dengan adanya peradaban moderen di era globalisasi yang semakin kuat dalam mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik agama, sosial, budaya, berbangsa dan bernegara. Dalam upaya mengembalikan kehidupan agama sosial budaya bangsa dari pengaruh era globalisasi. Pengaruh negatif dari globalisasi memberikan efek yang cukup buruk seperti ditunjukkannya kerapuhan bangsa. Demikian, pemeritah melalui Kementerian Pendidikan Nasional mengupayakan gerakan berbasis pendidikan karakter pada skala nasional. Kesadaran untuk memiliki karakter yang baik harus dibangun dan dibentuk. Sebab, sejak lahir karakter bukanlah suatu bawaan dan bukan yang selalu diwariskan oleh orang tua. Demikian, faktor pendidikan agama memiliki kontribusi dalam membangun karakter anak. Soekarno menyebut “agama menjadi unsur yang mutlak dalam nasional dan character building”. Karakter religius dan tanggung jawab sudah semestinya memang dapat dibangun pada usia dini untuk peserta didik. Pada perkembangan yang dilakukan untuk peserta didik tidak berlangsung dengan sendirinya, akan tetapi melalui tahapan proses yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dimana peserta didik tinggal serta lingkungan sekolah. Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menganalisis hasil dari pembentukan karakter religius dan tanggung jawab pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Sidareja Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SD Negeri 2 Sidareja telah telah berupaya membentuk karakter religious dan tanggunh jawab peserta didik khususnya kelas IV melalui pembelajaran IPS yaitu beberapa usaha yang dilakukan adalah : (1) Berdoa sebelum pelajaran, (2) Menghafalkan asmaulhusna, (3) Melaksanakan sholat berjamaah, (4) Melaksanakan sholat duha, (4) Pembiasaan mengucapkan salam bila bertemu teman dan berjabat tangan, (5) Berpakain seragam muslim sesuai dengan aturan sekolah, (6) Menjaga kebersihan kelas, lingkungan sekolah dan diri sendri seperti pakaian, rambut dan kuku, (7) Menjalankan peraturan/tata tertib sekolah, (8) Bersikap disiplin dalam pembelajaran , (9) Berbaris sebelum masuk dan setelah berdoa dan apalan asmaul husna selalu menyayikan lagu Indonrsia Raya dan menghafalkan pancasila, (10) Selalu menggunakan bahasa indonesia dalam berkomunikasi, (11) Mengikuti latihan dan berangakat dalam kegiatan ekstrakulikuler Kata kunci : Pembentukan karakter, religious, tanggung jawab, IPS

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter, religious, tanggung jawab, IPS
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sugiastuti Sugiastuti sdri
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:10
Last Modified: 06 Sep 2022 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item