PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

SUKRIYAH, NURAENI (2022) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tesis_201763046_Sukriyah Nuraeni_PGMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru akan berakhir (bermuara) pada hasil belajar. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa antara lain faktor eksternal dan faktor internal. Kreativitas guru merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Sedangkan motivasi belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan kreativitas guru kelas tinggi di MI Muhammadiyah 2 Slinga (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 2 Slinga. (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas tinggi di MI Muhammadiyah 2 Slinga. (4) mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan kreativitas guru kelas tinggi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas tinggi di MI Muhammadiyah 2 Slinga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian di MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga dengan jumlah responden sebanyak 57 siswa. Adapun Teknik pengumpulan data variabel kreativitas guru dan motivasi belajar menggunakan angket atau kuisioner, sedangkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika berdasarkan nilai siswa Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kreativitas guru kelas tinggi termasuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 47,4%. (2) Motivasi belajar siswa kelas tinggi termasuk dalam kategori tinggi sebesar 40,4%. (3) Hasil belajar mata pelajaran matematika kelas tinggi termasuk dalam kategori sedang sebesar 54,4%. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas tinggi di MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kreativitas Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sukriyah Nuraeni sdri
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:22
Last Modified: 05 Sep 2022 02:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item