PERAN PONDOK PESANTREN MAMBA'UL 'ULUM TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA (1984-2019)

Abdul, Kodir (2022) PERAN PONDOK PESANTREN MAMBA'UL 'ULUM TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA (1984-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
abdul kodir_1817503001_skripsiii_compressed (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pesantren dalam perubahan sosial bagi warga Tunjungmuli dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan perubahan sosial oleh warga Tunjungmuli dalam bidang agama dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pondok pesantren dalam perubahan sosial warga Tunjungmuli dalam bidang agama dan pendidikan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi perubahan sosial bidang keagamaan dan pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah yaitu penelitian yang menggunakan metode sejarah yang memberikan gambaran secara detail dan analisis data tentang permasalahan terkini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data lapangan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan teori perubahan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik beberapa kesimpulan tentang peran pondok pesantren dalam perubahan sosial warga Tunjungmuli, antara lain: a) Bidang sosial. b) Bidang keagamaan. c. Bidang pendidikan. Sedangkan faktor yang menghambat dani mendorong adalah: a) Penghambat : Pertama, orang yang tertutup terhadap perubahan. Kedua, perkembangan zaman ditandai dengan perkembangan teknologi. Ketiga, kurangnya komunikasi antar individu dalam masyarakat. b) Pendorong: Pertama, secara internal Pondok Pesantren Mamba'ul 'Ulum berperan aktif dalam segala kondisi masyarakat. Kedua, secara eksternal perubahan sosial di lingkungan Pondok Pesantren Mamba'ul 'Ulum, masyarakat telah menyadari pentingnya menuntut ilmu agama, menjadi ruang di mana pesantren dapat mengambil perannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Peran, Sosial Keagamaan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Abdul Kodir sdr
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:53
Last Modified: 30 Aug 2022 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item