KEPEMIMPINAN Dr. KH. CHARIRI SHOFA, M.Ag DALAM MODERNISASI SISTEM PENIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PURWOKERTO

MUHAMAD HASAN, ANSHORI (2022) KEPEMIMPINAN Dr. KH. CHARIRI SHOFA, M.Ag DALAM MODERNISASI SISTEM PENIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhamad Hasan Anshori_Kepemimpinan Dr. KH. Chariri Shofa, M.Ag Dalam Modernisasi Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan Alm. Dr. KH. Chariri Shofa,M. Ag., dalam memodernisasi dan mengelola sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto. Kiai sebagai pemimpin sekaligus pengasuh, dalam mengelola dan mengatur pondok pesantren berdasarkan atas kesepakatan bersama Ustadz dan santri dalam struktur kepemimpinan. Hal tersebut dapat dilihat pada program yang telah dilaksanakan, seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan ekstrakurikuler dan komunitas, pengembangan fasilitas pondok pesantren, pengembangan pemantapan kurikulum, program pengajian yang bermacam-macam dan sebagainya. Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam menggunakan perpaduan antara pesantren salafi (tradisional) dan pesantren khalafi (modern). Sehingga pendidikan di pondok pesantren terdapat pengajian kitab kuning klasik dengan metode sorogan dan bandongan, Serta terdapat pengajian bahasa asing yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Pondok Pesantren Darussalam Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan objek penelitian adalah kepemimpinan Dr. KH. Chariri Shofa, M.Ag., dalam modernisasi di Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperolah, Pondok Pesantren Darussalam dalam kepemimpinan Dr KH Chariri Shofa, M.Ag.,berhasil menerapkan modernisasi dalam sistem pendidikan, ekstrakurikuler, maupun komunitas yang mendukung aktivitas dan kegiatan para santri. Seperti kegiatan diskusi, program penjurusan, komisi pemilihan umum pesantren, pengajar yang ahli, komunitas santri ternak, santri tani, kopinian, media center darussalam, koperasi santri dan kegiatan lain yang mendukung kreatifitas santri dalam mencapai tujuan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, modernisasi sistem pendidikan pesantren
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Muhamad Hasan Anshori
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:47
Last Modified: 30 Aug 2022 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item