ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MARKETPLACE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DI KABUPATEN BANYUMAS

Evin Tri, Hapsari (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MARKETPLACE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EVIN TRI HAPSARI_ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MARKETPLACE DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan akses internet berkembang secara pesat memberi dampak positif terhadap dunia bisnis atau pemasaran. Banyak pelaku usaha Mikro Kecil yang mengambil kesempatan besar dari perkembangan e-commerce ini. Marketplace merupakan salah satu jenis e-commerce yang berkembang pesat yang ada di Indonesia. Usaha Kecil Mikro dituntut untuk dapat melakukan inovasi dan perubahan agar dapat meningkatkan pendapatan usahanya, salah satunya yaitu dengan mengadopsi marketplace sebagai media penjualan dan pemasaran produknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi marketplace berupa kesiapan organisasional, dorongan eksternal dan manfaat yang dirasakan terhadap adopsi marketplace dan juga untuk menguji pengaruh adopsi marketplace terhadap peningkatan pendapatan dengan objek penelitian para pelaku UMK di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel melibatkan 100 responden para pelaku UMK di Kabupaten Banyumas. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner. Kuesioner disusun dengan menggunakan skala likert. Metode penelitian yang digunakan yaitu Regresi Ordinal dan Path Analysis (Analisis Jalur) dengan alat bantu Aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesiapan organisasional (X1) berpengaruh dan signifikan terhadap adopsi marketplace (Y), variabel lingkungan eksternal (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap adopsi marketplace (Y), manfaat yang dirasakan (X3) berpengaruh dan signifikan terhadap adopsi marketplace dan variabel adopsi marketplace (Y) berpengaruh dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan (Z). Kemudian hasil uji jalur dan uji sobel menyatakan bahwa variabel adopsi marketplace (Y) berhasil memediasi variabel kesiapan organisasional (X1) dengan variabel peningkatan pendapatan (Z). Namun variabel adopsi marketplace (Y) tidak berhasil memediasi variabel dorongan eksternal (X2) dan manfaat yang dirasakan (X3) dengan variabel peningkatan pendapatan (Z). Kata kunci : Kesiapan Organisasional, Dorongan Eksternal, Manfaat yang dirasakan, Adopsi Marketplace, Peningkatan Pendapatan, UMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Organisasional, Dorongan Eksternal, Manfaat yang dirasakan, Adopsi Marketplace, Peningkatan Pendapatan, UMK.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Evin Tri Hapsari sdr
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:43
Last Modified: 29 Aug 2022 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item