PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG MELALUI PROGRAM REVITALISASI PASAR (STUDI KASUS PASAR MANIS KABUPATEN BANYUMAS)

YANU, RIYANTI (2022) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG MELALUI PROGRAM REVITALISASI PASAR (STUDI KASUS PASAR MANIS KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YANU RIYANTI_PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG MELALUI PROGRAM REVITALISASI PASAR (STUDI KASUS PASAR MANIS KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar Manis adalah pasar pertama di Kabupaten Banyumas yang menjadi proyek program revitalisasi 1.000 pasar rakyat pada tahun 2015. Salah satu tujuan dari program revitalisasi pasar rakyat adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program revitalisasi pasar terhadap peningkatan kesejahteraan pedagang dan menganalisis kesejahteraan pedagang Pasar Manis menurut ekonomi Islam. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian lapangan dengan lokasi penelitian Pasar Manis yang terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto No. 1 (pertigaan Jalan Bank), Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknis analisis data model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi Pasar Rakyat Pasar Manis berhasil meningkatkan kesejahteraan pedagang. Mulai dari kesejahteraan yang berkaitan dengan bangunan dan fasilitas pasar, peningkatan pendapatan pedagang, dan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan pedagang yang menjadikan hidupnya lebih sejahtera. Selain itu pedagang Pasar Manis juga dikategorikan sejahtera berdasarkan indikator kesejahteraan menurut ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi Pasar, Pedagang, Kesejahteraan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Yanu Riyanti
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:49
Last Modified: 29 Aug 2022 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item