KONSEP PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN DALAM AL-QUR'AN

Umu, Azizah (2022) KONSEP PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN DALAM AL-QUR'AN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Umu Azizah Kamila Rivan_KONSEP PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN DALAM AL-QUR'AN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Namun sayangnya, tidak banyak yang mengetahui jika beberapa konsep pembelajaran matematika sebenarnya sudah ada di dalam Al-Qur’an. Banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep pembelajaran matematika yang kini diajarkan, salah satunya yaitu bilangan pecahan, yang kerap kali dirasa sulit dan kurang diminati. Dari sinilah, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Konsep Pembelajaran Bilangan Pecahan dalam Al-Qur’an”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran bilangan pecahan dalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Dan dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Setelah dilakukan serangkaian analisis terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat bilangan pecahan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) ada 8 bilangan pecahan yaitu 2/3,1/2,1/3,1/4,1/5,1/6,1/8,1/10 ; (2) penyampaian materi bilangan pecahan dengan menyajikan contoh konkret serta dimulai dari yang paling sederhana; (3) konsep pembelajaran bilangan pecahan dalam Al-Qur’an yaitu pembelajaran kontekstual dan pembelajaran realistik, pembelajaran kooperatif, pembelajaran penemuan, serta pembelajaran pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bilangan Pecahan, dan Al-Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.02 Aneka ragam Al Qur'an (statistik, direktori, dll)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Umu Azizah Kamila Rivan sdri
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:40
Last Modified: 29 Aug 2022 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item View Item