Nur Rohmah, Setiyani (2022) STANDARISASI MUTU LULUSAN DI LPK SEOUL CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
NUR ROHMAH SETIYANI_STANDARISASI MUTU LULUSAN DI LPK SEOUL CILACAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul tentang Standarisasi Mutu Lulusan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Seoul Cilacap. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya citra lembaga pendidikan swasta atau bisa disebut juga lembaga pelatihan kerja yang terlihat di kalangan masyarakat, karena adanya peningkatan lembaga dalam hal mutu lulusannya. Sehingga adanya proses standarisasi yang dilakukan oleh seluruh warga yang ada di lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan standarisasi mutu lulusan di LPK Seoul Cilacap. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala lembaga, tentor/ pengajar, staff lembaga, dan perwakilan salah satu peserta didik di LPK Seoul Cilacap sebagai informan. Objek penelitian ini adalah proses standarisasi mutu lulusan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Mils and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa standarisasi mutu lulusan di LPK Seoul Cilacap mengacu pada Human Resource Development of Korea dan itu relevan dengan standar yang dikeluarkan kerangka mutu pelatihan Indonesia, yang terdiri dari : standar 1 pelatihan didasarkan pada kualifikasi nasional atau berdasarkan klaster unit kompetensi yang disahkan berdasarkan pedoman nasional yang ditetapkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan (KEMNAKER) atau sesuai dengan standar lain atau capaian pelatihan yang diidentifikasi secara jelas; standar 2 lembaga pelatihan kerja yang menggunakan kurikulum yang terstruktur berdasarkan capaian atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI); standar 3 lembaga pelatihan kerja menggunakan bahan pelatihan dan proses pelatihan yang sesuai berdasarkan dengan bidang cakupannya; standar 4 lembaga pelatihan kerja melaksanakan asesmen keterampilan yang bermutu tinggi yang memungkinkan para kandidat mendemonstrasikan kompetensi mereka di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau meraih capaian pelatihan pada forum pembinaan kerja; standar 5 lembaga pelatihan kerja memiliki karyawan yang memiliki kualifikasi di bidangnya; standar 6 lembaga pelatihan kerja mempunyai akses pada perlengkapan guna menunjang lingkup operasinya; standar 7 lembaga pelatihan kerja memiliki sistem tata kelola yang mendukung lingkup operasi saat ini dan yang dimaksudkan; standar 8 lembaga pelatihan kerja layak secara finansial. Dengan mempertahankan kualitas dari delapan standar tersebut dapat menghasilkan mutu lulusan yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standarisasi, mutu lulusan, lembaga pelatihan kerja |
Subjects: | 400 Language > 406 Organizations and management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah Setiyani sdri |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 06:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 06:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15625 |
Actions (login required)
View Item |