PERAN INDUSTRI KASUR LANTAI DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL WANITA PEKERJA RUMAHAN DI DUSUN BEJI, DESA BANJARKERTA, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN PURBALINGGA

Aji, Kurniawan (2022) PERAN INDUSTRI KASUR LANTAI DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL WANITA PEKERJA RUMAHAN DI DUSUN BEJI, DESA BANJARKERTA, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Aji_Kurniawan_1717104004.newpdf[1].pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran industri kasur lantai dalam meningkatkan kesejahteraan sosial merupakan upaya yang memiliki tujuan dalam melakukan perubahan untuk meningkatkan peran wanita dalam peningkatan kesejahteraan sosial. Dalam hal ini wanita pekerja rumahan sebagai pengrajin kasur lantai mendapatkan pembinaan untuk dapat berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya guna memperbaiki kehidupan ekonomi. Seperti yang dilakukan wanita pekerja rumahan di Desa Banjarkerta, Kecamatan Karanganyar dengan memanfaatkan sumber daya alam, dukungan penguasaha dan peluang yang ada dalam industri kasur lantai para wanita turut serta dalam membesarkan industri kasur lantai dan untuk pemenuhan kebutuhan keluargar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan (field research) serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang Peran industri kasur lantai dalam peningkatan kesejahteraan sosial wanita pekerja rumahan. Hasil penelitin ini menunjukan bahwa peran industri kasur lantai dalam peningkatan kesejahteraan sosial wanita pekerja rumahan, yaitu melalui upaya-upaya pengembangan wanita pekerja rumahan pengrajin kasur lantai dengan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan pengelembagaan kelompok, pemupukan modal swadaya, pengembangan usaha produktif, penyediaan informasi tepat guna serta melakukan evaluasi dan inovasi. Untuk mengetahui proses peningkatan kesejahteraan peneliti melakukan observasi dan wawacara, tingkat kesejahteraan keluarga dari pengrajin kasur lantai dimulai pada tingkat kesejahteraan keluarga tahap II, tahap III, hingga tahap III plus. Adapun faktor pendukung peran industri kasur lantai, adanya peran pemerintah desa, peran tokoh masyarakat serta adanya pelatihan dan pendampingan serta target pasar yang sudah luas. Faktor pengahambat yaitu kurangnya bahan baku pembuatan kasur serta persaingan harga dan kualitas dengan merek-merek besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Industri Kasur Lantai, Kesejahteran Sosial, Industri Rumahan
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: AJI KURNIAWAN sdr
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:51
Last Modified: 29 Aug 2022 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item