PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA DINI DALAM BUKU SCIENCE STORYBOOKS FOR CURIOUS MINDS SERI LENGKAP

Laelatul, Nur Amanah (2022) PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA DINI DALAM BUKU SCIENCE STORYBOOKS FOR CURIOUS MINDS SERI LENGKAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELATUL NUR AMANAH_PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA DINI DALAM BUKU SCIENCE STORYBOOKS FOR CURIOUS MINDS SERI LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sains pada anak usia dini adalah berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan tentang alam dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam dalam menstimulus anak usia dini untuk merangsang rasa ingin tahu, minat dan bakatnya serta pemecahan masalah sehingga memunculkan pemikiran dan perbuatan dalam mengaitkan konsep dan peristiwa. Sains anak usia dini adalah memahami sains dari sudut pandang anak sesuai dengan perkembangannya. Sains akan mudah disampaikan dalam sebuah cerita yang menarik dengan suasana yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif pada anak. Selain itu, agar anak mudah dalam memahami konsep sains, diperlukan kegiatan-kegiatan eksperimen sederhana dalam pengenalan sains sesuai dengan konsep sains yang dikenalkan dalam buku cerita Science Storybooks for Curious Minds Seri Lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sains apa saja yang dikenalkan pada anak usia dini dalam buku cerita Science Storybooks For Curious Minds serta bagaimana cara menjelaskan sains pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif denga metode pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data dengan model penelitian analisis konten. Peneliti akan menganalisis teks berupa cerita anak sebagai sumber data serta sebagai kajian dalam pengenalan sains anak usia dini. Hasil penelitian tentang Pengenalan Sains pada Anak Usia Dini dalam Buku Science Storybooks For Curious Minds Seri Lengkap yaitu: (1). sains yang dikenalkan dalam buku tersebut adalah sains tentang biologi, meliputi: tumbuhan yaitu struktur dan pertumbuhan tumbuhan, penyerbukan, jenis sayuran dan buah-buahan, serta tentang tubuh manusia, yang kedua adalah fisika, meliputi: zat, gaya serta perkakas dan perlengkapan manusia. kemudian sains alam semesta meliputi, fenomena cuaca, siklus air, jenis batuan, (2) Langkah-langkah pengenalan sains pada anak usia yang pertama, membacakan buku Kumpulan Cerita Sains untuk Anak Seri Lengkap pada anak usia dini. Kedua, mengenalkan sains dengan kegiatan keseharian. Ketiga, pengenalan sains denga indra anak. Keempat, Pengenalan sains dengan mengajak anak untuk bereksperimen. Kata Kunci: Sains, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sains, anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Laelatul Nur Amanah sdri
Date Deposited: 20 Aug 2022 01:28
Last Modified: 20 Aug 2022 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item View Item