DWI ANGGUN NOVITA, 1123305114 (2015) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NU 2 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dwi Anggun N_KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ada sekarang ini yang terkait dengan adanya siswa yang memiliki kecerdasaan intelektual namun kecenderungan lemah emosionalnya, maka dari itu seorang guru harus mampu mendidik peserta didiknya agar menjadi generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia yang nantinya akan bermanfaat bagi orang tua, diri sendiri dan orang lain. Penanaman nilai-nilai pendidikan di sekolah itu sangat penting, bahkan dipandang sangat cepat jika dimulai sejak dini. Oleh sebab itu salah satu agenda penting dalam suatu pendidikan di MI Ma’arif NU 2 Pancasan Kecamatan Ajibarang yaitu Kompetensi Kepribadian guru dalam penanaman akhlakul karimah pada peserta didik. Persoalan yang dikaji penelitian ini adalah Bagaimana kondisi kepribadian guru MI dalam menanamkan akhlakul karimah dan bagaimana penanaman akhlakul karimah pada peserta didik yang dilakukan oleh guru di MI Ma’arif NU 2 Pancasan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Ma’arif NU 2 Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh kondisi/kualitas kepribadian yang dimiliki guru di MI Ma’arif NU 2 Pancasan meliputi: memiliki kepribadian guru yang disiplin, guru menjadi teladan yang baik pada peserta didik, memiliki sikap yang tanggung jawab dan adil. Dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MI Ma’arif NU 2 Pancasan yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter pada peserta didik yang baik yaitu melalui pembiasan-pembiasaan yang sudah diterapkan di sekolah tersebut meliputi : pembiasaan mengucapkan salam, selalu mengarahkan sikap melalui materi pelajaran agama dan pembiasaan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan. Dalam kegiatan keagamaan yang ada di MI Ma’arif NU 2 Pancasan meliputi : Sholat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah, pembiasaan hafalan Asmaul Khusna, Jus ama dan hadist serta membaca tahlil. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian guru dan Akhlakul Karimah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 03:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 03:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1557 |
Actions (login required)
View Item |