ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU NALAR TASAWUF KARYA ISTANIA WIDAYATI HIDAYATI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK

Bayu Annisa, Nurfaizah (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU NALAR TASAWUF KARYA ISTANIA WIDAYATI HIDAYATI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Bayu Annisa Nurfaizah_1817402004 (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam Buku Nalar Tasawuf Sebagai Revolusi Pendidikan Islam, dan relevansinya dengan pendidikan akhlak. Dalam penelitian ini, menggunakan studi kepustakaan (library research), serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan bagaimana mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, dan bahan penelitian diproses. Studi kepustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan buku, jurnal, diktat, atau media cetak/digital lainnya yang berkaitan dengan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku Nalar Tasawuf karya Istania Widayati Hidayati sangat dibutuhkan dalam kehidupan pendidikan era modern ini. Adapun nilai-nilai pendidikan tasawuf yaitu: (1) Taubat. (2) Wara’. (3) Zuhud. (4) Mahabbah. (5) Tazkiyatu an-nafs (mensucikan jiwa) yang terdapat dalam kelima rukun Islam yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji. (6) Amal saleh. (7) Ikhlas. (8) Sabar. Nilai pendidikan tasawuf tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bayu Annisa Nurfaizah sdri
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:37
Last Modified: 18 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15565

Actions (login required)

View Item View Item