Analisis Penyimpangan Nilai Pendidikan Islam dalam Film Dua Garis Biru

Nurbaeti, Khasanah (2022) Analisis Penyimpangan Nilai Pendidikan Islam dalam Film Dua Garis Biru. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurbaeti Khasanah_Skripsi Analisis Penyimpangan Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Dua Garis Biru.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dari pendidikan nasional ialah menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Tujuan tersebut dapat terpenuhi melalui pendidikan agama Islam. Namun pada faktanya, tidak semua peserta didik mencapai tujuan tersebut. Perilaku menyimpang kerap dilakukan peserta didik mulai dari penyalahgunaan zat adiktif seperti rokok dan obat-obatan terlarang dan pergaulan bebas. Penyimpangan yang terjadi di dunia pendidikan juga digambarkan dalam salah satu film yang ramai diperbincangkan pada pertengahan 2019 yaitu film Dua Garis Biru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyimpangan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada film Dua Garis Biru. Dalam penelitian akan disajikan hasil analisis penyimpangan terhadap nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film Dua Garis Biru. Penelitian ini menrupakan penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini akan berfokus pada adegan-adegan yang menyimpang dari nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil dari penelitian tentang penyimpangan terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Dua Garis Biru yaitu terdapat beberapa adegan yang menyimpang dari nilai-nilai pendidikan Islam antara lain perbuatan yang mendekati zina, berzina, dan perilaku tidak sopan terhadap orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyimpangan, nilai-nilai pendidikan Islam, film Dua Garis Biru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nurbaeti Khasanah
Date Deposited: 20 Aug 2022 02:37
Last Modified: 20 Aug 2022 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item