PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN DALAM ISLAM (KAJIAN TAFSIR AL-MISBAH AL-QUR'AN SURAT AL-A'RAF AYAT 56-58)

Sasmitha, Tabah Begyani (2022) PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN DALAM ISLAM (KAJIAN TAFSIR AL-MISBAH AL-QUR'AN SURAT AL-A'RAF AYAT 56-58). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sasmitha Tabah Begyani_PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN DALAM ISLAM (Kajian Tafsir Al-Misbah Al-Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 56-58).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan cinta lingkungan dalam Islam adalah proses pengembangan potensi manusia yang dapat mempengaruhi kebiasaan baik dengan menanamkan rasa cinta yaitu sikap yang dapat menjadikan manusia lebih berfikir kreatif dan produktif dalam memanfaatkan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup agar manusia dapat menjalankan amanahnya sebagai khalifah di bumi yang bertanggungjawab sebagai pembangun, pemelihara, dan pemakmur yang berlandaskan moral dan ajaran agama Islam. Skripsi ini merupakan kajian ilmiah yang bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan pendidikan cinta lingkungan dalam Islam yang terkandung dalam Q.S Al-A’raf ayat 56-58 melalui kajian tafsir Al-Misbah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupa penelitian kepustakaan (library research). Langkah dalam pengumpulan data adalah dengan mencari dan mengumpulkan data-data yang berasal dari data primer dan data sekunder yang kemudian dibaca, dicatat dan dipahami lalu dipilih dan dianalisis sesuai dengan judul penelitian. Pendidikan cinta lingkungan dalam Islam menurut kajian tafsir Al-Misbah Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 56-58 antara lain: larangan merusak lingkungan, perintah menjaga lingkungan, dan perintah melestariakan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Cinta Lingkungan, Lingkungan Hidup, Lingkungan dalam Islam, Tafsir Al-Misbah, Surat Al-A’raf Ayat 56-58.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
300 Social sciences > 370 Education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Sasmitha Tabah Begyani
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:30
Last Modified: 16 Aug 2022 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item