IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI SUKAJADI 2 TAHUN AJARAN 2021/2022

Siti, Nurohmah (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI SUKAJADI 2 TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siti Nurohmah_Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Sukajadi 2 Kabupaten Ciamis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Matematika dikenal sebagai mata pelajaran yang sulit karena didalamnya berupa bilangan dikenal sebagai ilmu pasti yang banyak terjadi kekeliruan saat menghitung. Pada kenyataanya pembelajaran Matematika memang sangat membutuhkan strategi, media, metode pembelajaran, dan lain sebagainya yang tentunya berbeda dengan pembelajaran yang biasanya. Oleh karena itu di MI Sukajadi 2 Kabupaten Ciamis menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya agar seluruh siswa aktif, kreatif, dan disiapkan mampu bersaing dengan yang lain, serta perbedaan kemampuan dan karakteristik siswa menjadikan salah satu motivasi di terapkanya metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari diterapkanya metode tutor sebaya untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Sukajadi 2 Kabupaten Ciamis. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika berjalan cukup baik, meskipun belum efektif dalam pelaksanaanya. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada setiap pertemuan menggunakan pola yang hampir sama yaitu menjelaskan, memberikan soal latihan, membentuk kelompok, membuat kuis, dan melakukan kajian ulang pada akhir pembelajaran. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Matematika, Tutor Sebaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Matematika, tutor sebaya
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nurohmah
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:00
Last Modified: 16 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item