PERAN PENDIDIKAN PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI MI MA'ARIF NU MARGASANA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

MAYA ENDAH, KUMALA SARI (2022) PERAN PENDIDIKAN PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI MI MA'ARIF NU MARGASANA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MAYA ENDAH KUMALA SARI _817405119.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah pendidikan terdapat pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Untuk mengembangkan kemampuan dan kepribadian peserta didik pendidikan formal saja belum cukup, maka perlu adanya pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang terstruktur dan berjenjang, seperti pendidikan kepramukaan. Pendidikan kepramukaan merupakan suatu proses pembinaan dan pengembangan keterampilan yang dapat diperoleh peserta didik dengan tujuan meningkatkan karakter peserta didik, tanpa terkercuali kemandirian. Dalam hal ini, gerakan pramuka di MI Ma’arif NU Margasana berperan aktif dalam meningkatkan kemandirian peserta didik yaitu dengan mengadakan beberapa kegiatan pendidikan kepramukaan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah lapangan (filed research). Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik yang digunakan peneliti dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan terkait peran pendidikan kepramukaan dalam meningkatkan kemandirian peserta didik di MI Ma’arif NU Margasana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas bahwa kemandirian peserta didik kelas IV di MI Ma’arif NU Margasana sudah terwujud. Dengan beberapa kegiatan kepramukaa peserta didik mampu mengerjakan tugasnya sendiri dengan arahan pembina dan guru, dapat memasang tali sepatu sendiri, merapikan dan melipat baju sendiri, merapikan tempat tidur sendiri, mencuci piring sendiri, melaksanakan shalat tepat waktu, dapat berwudhu dengan benar dan bertanggung jawab. Itu semua tidak lepas dari peran pendidikan kepramukaan. Dengan mengikuti kegiatan kepramukaan seperti aktif melaksanakan kegiatan rutin, mengamalkan kode kehormatan pramuka, melaksanakan kegiatan yang terdapat pada SKU dan mengikuti perlombaan, maka sikap kemandirian secara tidak langsung akan tertanam oleh peserta didik. Kata Kunci : Pendidikan Kepramukaan, Meningkatkan Kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan, Meningkatkan Kemandirian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maya Endah Kumala Sari sdri
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:07
Last Modified: 15 Aug 2022 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item