Permainan Tradisional Engklek Untuk menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas

Yuni, Astiti (2022) Permainan Tradisional Engklek Untuk menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNI ASTITI PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan tradisional yang menstimulasi motorik kasar anak usia dini di TK Muslimat NU Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dimana permainan tradisional engklek tersebut merupakan permainan yang didalamnya kegiatan melompat dari satu bidang datar ke bidang lainya yang kemudian di gambar diatas tanah atau ubin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan teknik penyajian data yang digunakan pada analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak berupa anak dapat melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan anak, serta dapat melakukan permainan fisik sesuai dengan aturan kegiatan tersebut dibuktikan anak dengan melempar gaco pada saat permainan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, motorik kasar, Permainan Engklek
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yuni Astiti sdri
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:48
Last Modified: 15 Aug 2022 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item