IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ PADA KELAS 2 DI MI MA'ARIF NU 1 TELUK KECEMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

Noviatun, Noviatun (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ PADA KELAS 2 DI MI MA'ARIF NU 1 TELUK KECEMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NOVIATUN_IMPLEMENTASI PEMBELJARAN TAHFIDZ PADA KELAS 2 DI MI MA'ARIF NU 1 TELUK KECEATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tahfidz merupakan pembelajaran yang mengutamakan hafalan-hafalan terhadap surah yang ada dalam Al-Qur’an. Tidak semua lembaga pendidikan formal menerapkan pembelajaran tahfidz. Sehingga lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran tahfidz memiliki nilai plus tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tahfidz pada kelas 2 di MI Ma’arif NU 1 Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari Kepala Madrsah, Waka Kurikulum, Pencetus Program Tahfidz, Guru Kelas 2 dan Peserta Didik. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lalu keabsahan diuji menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa impelementasi pembelajaran tahfidz di MI Ma’arif NU 1 Teluk terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan juga pengawasan. Perencanaan pembelajaran tahfidz yang dilakukan diantaranya dengan membuat silabus, prota, promes, dan menyusun target hafalan untuk setiap kelas. Adapun kegiatan pengorganisasian yang diterapkan tidak ada pengorganisasian yang khusus untuk pembelajaran tahfidz. Rangkaian kegiatan pembelajaran tahfidz di kelas 2 yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti sampai kegiatan penutup dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya oleh pendidik. Pada pelaksanaan pembelajaran tahfidz selain materi berupa target hafalan, siswa juga belajar memahami kandungan surah yang menjadi target hafalan. Pelaksanaan pembelajaran tahfidz dilakukan pada hari Jum’at dan muraja’ah setiap pagi. Kegiatan evaluasi pada pembelajaran tahfidz dilakukan dengan tes tertulis terkait kandungan surah dan juga setoran hafalan yang telah ditargetkan. Pengawasan terhadap pembelajaran tahfidz dilakukan setiap satu semester sekali bertepatan dengan kegiatan supervisi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Tahfidz
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NOVIATUN NOVIATUN sdri
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:41
Last Modified: 15 Aug 2022 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item