UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA

Fiki, Triani (2022) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fiki Triani_Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Siswa Kelas IV di Masa Pendemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Sidabowa.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

MI Muhammadiyah Sidabowa merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 dan siswa diharapkan mampu belajar sendiri di rumah. Guru mempersiapkan proses pembelajaran daring dengan metode belajar yang dilaksanakan oleh siswa dengan belajar secara mandiri menggunakan buku pendamping. Suasana belajar mengajar pada setiap proses pembelajaran harus bisa memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar dengan baik dan semanagat. Oleh karena itu, guru harus membuat suasana belajar mengajar pada setiap proses pembelajaran harus bisa bisa menyenangkan terutama dalam hal ini dalam pembelajaran daring. Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian siswa supaya tidak malas dan lebih kreatif guru menciptakan suasana menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan penelitin lapangan atau field resarch dan pendekatan deskrtiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penlitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian penelitian tentang upaya guru dalam menbuhkan kemandirian siswa kelas IV di masa pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah Sidabowa melalui teknik pengumpulan data serta mengelolah dan menganalisis data diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengenai upaya guru dalam menubuhkan kemandirian siswa di MI Muhammadiyah Sidabowa belum seacara maksimal. Diketahui guru mengupayakan kemadirian siswa dengan cara memberikan kalimat psositif kepada siswa, mendidik anak untuk tertertib dan disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kemandirian Siswa, Pembelajaran daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fiki Triani
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:17
Last Modified: 12 Aug 2022 06:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item