KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU “THE GARDEN OF TRUTH” KARYA SEYYED HOSSEIN NASR

Lutfi, Aulia Rahmadhani (2022) KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU “THE GARDEN OF TRUTH” KARYA SEYYED HOSSEIN NASR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTFI AULIA RAHMADHANI_KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU THE GARDEN OF TRUTH KARYA SEYYED HOSSEIN NASR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbagai macam kemudahan yang diperoleh manusia masa kini merupakan salah satu keuntungan dari pesatnya laju perkembangan dunia. Keuntungan ini dapat berupa kemudahan dalam memperoleh informasi. Kemudahan dalam mengakses hal-hal yang diinginkan. Maupun kemudahan dalam melakukan segala aktivitas. Berbagai kemudahan ini hadir menjadi kesatuan yang utuh melalui sebuah peranti. Namun, penggunaan peranti yang begitu masif justru melahirkan sebuah keterasingan baru. Keterasingan yang dialami manusia masa kini menjadi penyebab rapuhnya spiritual. Manusia menjadi sulit untuk berpikir jernih dan sering muncul rasa cemas yang berlebihan. Hal ini lantaran telah menjadikan kenikmatan dan kesenangan yang pada dasarnya bersifat sementara dijadikan sebagai tujuan utamanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan tasawuf yang tertuang dalam buku The Garden of Truth karya Seyyed Hossein Nasr. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis dan mengacu pada pendekatan hermeneutika. Temuan dalam skripsi ini yaitu konsep pendidikan tasawuf menurut Seyyed Hossein Nasr yang tertuang dalam buku The Garden of Truth adalah sebuah konsep pendidikan yang berupaya untuk memaksimalkan potensi manusia. Potensi ini diarahkan untuk mengenal diri yang sebenarnya hingga benar-benar mengenal Tuhan-nya. Sehingga seorang hamba dapat disebut sebagai manusia universal atau manusia yang insan kamil. Adapun dalam prosesnya, terdapat lima hal yang harus dipenuhi. Pertama, tujuan pendidikan tasawuf. Kedua, materi pendidikan tasawuf. Ketiga, proses pendidikan tasawuf yang meliputi: takhalli, tahalli, dan tajalli. Sebagai pendukung terdapat metode meditasi dan metode kontemplasi. Untuk medianya berupa literatur dan musik. Selain itu, diperlukan juga sebuah penilaian atau evaluasi, yang mana mengacu pada kisah Sayidina Ali bin Abi Thalib dalam menghadapi musuh ketika berperang, dan ditemukan dua unsur evaluasi yaitu ikhlas dan objektif. Keempat, perilaku atau sifat mursyid dan murid. Kelima, hambatan dan rintangan menuju Taman Kebenaran. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Tasawuf, Buku The Garden of Truth, Seyyed Hossein Nasr, Rapuh Spiritual, Mengenal Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsep Pendidikan Tasawuf, Buku The Garden of Truth, Seyyed Hossein Nasr, Rapuh Spiritual, Mengenal Tuhan.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutfi Aulia Rahmadhani sdri
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:58
Last Modified: 12 Aug 2022 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item