UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS 1 MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

NUR SURYA, LESTARI (2022) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS 1 MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR SURYA LESTARI_UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS 1 MI YA BAKII KURIPAN KEC KESUGIHAN KAB CILACAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang tejadi pada perilaku siswa dan lulusan yang tidak mencerminkan sebagai pelajar terdidik yang berkarakter. Banyak penyimpangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar. Maka dari itu pentingnya membentuk karakter disiplin siswa sejak dini. Dengan terbentuknya karakter disiplin dalam diri siswa maka siswa akan terhindar dari tindakan yang menyimpang dan melanggar peraturan yang dapat menganggu kehidupan. Dan perilaku disiplin juga merupakan hal penting di lingkungan sekolah karena pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya kedisiplinan. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian “Bagaimana Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap”. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memperoleh data faktual yang menggambarkan bagaimana upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan. Lokasi penelitian yang diambil yaitu di MI Ya BAKII Kuripan tepatnya berada di Jl. Salak No. 03 Kuripan, Kesugihan, Cilacap. Objek penelitian ini adalah upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan, dan subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru kelas 1, siswa kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi/gabungan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima upaya yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Lima upaya yang dilakukan yaitu dengan cara guru memberikan keteladanan kepada siswa, menanamkan pengetahuan moral, membuat tata tertib, menerapkan pembiasaan dan memberikan reward punishment kepada siswa. Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Karakter Disiplin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Surya Lestari sdri
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:56
Last Modified: 12 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item