ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM KITAB TAISIRUL KHALAQ KARYA SYAIKH HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DAN DESAIN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

NILA, SULISTYOWATI (2022) ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM KITAB TAISIRUL KHALAQ KARYA SYAIKH HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DAN DESAIN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX_NILA SULISTYOWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan suatu sifat yang melekat dalam diri sesorang yang diijadikan sebagai tolak ukur baik buruknya seseorang. Dalam hal ini pendidikan atau pembinaan akhlak sangatlah penting bagi semua orang terutama bagi seorang guru. Dimana guru merupakan seseorang yang dapat dijadikan teladan atau contoh bagi peserta didiknya sehingga kepribadian guru sangatlah berpengaruh dalam proses pembentukan pribadi peserta didik. Menjadi guru profesional tentulah tidak mudah, ia harus memiliki empat kompetensi dalam dirinya yang mana salah satunya yaitu kompetensi Kepribadian guru. kompetensi ini berhubungan dengan akhlak atau etika menjadi seorang guru. Dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kompetensi personal guru yang terdapat dalam kitab Taisirul Khalaq karya Syaikh Hafidz Hasan Al-Ma’udi dan desain implementasinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research (penelitian pustaka), ini merupakan suatu jenis penelitian dengan mengumpulkan data-data dan informasi dengan bantuan dari berbagai materi yang terdapat dalam perpustakaan dan menjadikan teks sebagai objek utama dalam menghimpun data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kitab Taisirul Khalaq dijelaskan mengenai adab seorang guru atau dengan kata lain sama dengan kompetensi Kepribadian guru. pada bab tersebut seorang guru harus memiliki syarat untuk menjadi seseorang yang berhasil dan bisa menjadi sempurna syarat tersebut yaitu seorang guru harus memiliki sifat taqwa, ramah atau tawadhu, kasih sayang, amanah, jujur, adil dan sabar , dan dari syarat tersebut maka perlu adanya Desain atau gambaran dalam pengimplementasiannya dalam suatu pembelajaran salah satunya yaitu seorang guru hendaknya selalu mecontohkan sifat yang baik yang dapat dijadikan sebagai teladan bagi peserta didiknya seperti melaksanakan perintah agama dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah Swt serta melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru, Kitab Taisirul Khalaq, Syaikh Hafidz Hasan al-Mas’udi, Desain Implementasi Pembelajaran.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nila Sulistyowati
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:52
Last Modified: 12 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item View Item