IMPLEMENTASI METODE SALAMY DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN QUR'AN MIFTAKHUL HUDA DESA CINDAGA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Sisi, Suly (2022) IMPLEMENTASI METODE SALAMY DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN QUR'AN MIFTAKHUL HUDA DESA CINDAGA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SISI INNEKE SULY_IMPLEMENTASI METODE SALAMY..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar membaca Al-Qur'an memang tidak mudah, diperlukan metode yang khusus. Salah satu metode membaca Al-Qur'an yang baik dan benar adalah metode salamy, dimana dalam metode salamy sistem pengajarannya berbeda dari metode yang lain. Contoh perbedaan yang terdapat pada metode salamy terletak di halaman delapan jilid satu yaitu huruf hijaiyyah yang belum berharokat. Metode Salamy pada sistematika kepenulisan memiliki pola tertentu seperti wazan dan mauzul dalam ilmu sorof pada setip contoh kalimatnya. Sebagaimana yang diterapkan di TPQ Miftakhul Huda dalam mempelajarai Al-Qur'an menggunakan metode salamy dalam pembelajaran Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Metide Salamy dalam Pembelajaran Al-Qur'an di taman Pendidikan Qur'an Miftakhul Huda Desa Cindaga Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Metode Salamy dalam Pembelajaran Al-Qur'an di taman Pendidikan Qur'an Miftakhul Huda Desa Cindaga Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas, mempunyai tiga kegiatan utama: Pertama persiapan. Kedua pelaksanaan yang meliputi: pembukaan, kegiatan inti, penutup, terget metode salamy, sistem/aturan metode salamy, prinsipdasar metode salamy, pola mengajar metode salamy, jumlah murid ideal dalam kelas metode salamy. Ketiga evaluasi, evaluasi biasanya dilakukan diakhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur'an, Metode Salamy
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sisi Inneke Suly sdri
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:47
Last Modified: 11 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15471

Actions (login required)

View Item View Item