KETELADANAN AKHLAK SANTRI DALAM NOVEL KEMBARA RINDU (DWILOGI PEMBANGUN JIWA)KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Alivia, Ihram (2022) KETELADANAN AKHLAK SANTRI DALAM NOVEL KEMBARA RINDU (DWILOGI PEMBANGUN JIWA)KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alivia Nuril Ihram_Keteladanan Akhlak Santri dalam Novel Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa) karya Habiburrahman El Shirazy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan agen perubahan yang harus mampu melakukan perbaikan karakter bangsa. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, di sisi lain banyak terjadi krisis hilangnya norma dan nilai-nilai budi pekerti. Generasi muda yang berakhlakul karimah menjadi salah satu warisan yang harus dijaga agar tidak terpengaruh oleh adanya perubahan tersebut. Salah satu metode yang dilakukan yaitu melalui keteladanan. Adapun yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja keteladanan akhlak santri dalam novel Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa) karya Habiburrahman El Shirazy Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara mendalam mengenai keteladanan akhlak santri dalam novel Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa), dengan menggunakan beberapa teori yang ada untuk menganalisis isi novel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk jenis penelitiannya yaitu termasuk ke dalam penelitian pustaka (library research). Dalam penelitian ini sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer dan sekunder, dengan wawancara, dan dokumentasi sebagai metode untuk pengumpulan datanya. Kemudian untuk melakukan analisis pada isi novel, penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian pustaka (library research) yang dilakukan, hasil penelitian pada Novel Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa) bahwasanya secara garis besar, novel tersebut mengandung unsur keteladanan yaitu keteladanan akhlak santri yang terdiri dari enam akhlak, yaitu: 1) akhlak santri kepada diri sendiri: memperbaiki niat, managemen waktu dan tempat belajar, qona’ah, amanah, tidak banyak tidur, malu, tawadhu. 2) akhlak santri kepada Allah: syukur, taqwa, taubat, tawakal, berdoa kepada Allah. 3) akhlak santri kepada guru/kyai: hormat kepada guru/kyai, menghormati segala sesuatu yang berhubungan dengan guru/kyai, memperhatikan tata krama ketika hendak bertemu kyai, satu ruangan dengan kyai, dan berbicara dengan kyai, taat, selalu berpikiran positif, dan mencari ridhanya kyai. 4) akhlak santri kepada keluarga: patuh nasehat orang tua, berbakti kepada orang tua, mendoakan orang tua, penuh kaih sayang. 5) akhlak santri kepada orang lain: ramah dan sopan, menghormati yang lebih tua, tolong menolong. 6) akhlak santri kepada ilmu: menjaga dan merawat buku, bersungguh-sungguh, mengajarkan dan mengamalkan ilmu. Kata Kunci : Keteladanan, Akhlak Santri, Novel Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan, Akhlak Santri, Novel Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alivia Nuril Ilham sdr
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:26
Last Modified: 11 Aug 2022 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item