Lutfiah, Aris Widianti (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS II MI MUHAMMADIYAH BODASKARANGJATI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Lutfiah Aris Widianti_Implementasi Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas II MI Muhammadiyah Bodaskarangjati Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi adanya pengalihan proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Pengalihan proses pembelajaran dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran menggunakan jaringan internet. Akan tetapi dengan kondisi yang semakin membaik, proses pembelajaran luring (luar jaringan) dapat dilaksanakan dengan tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran tematik, sebagai model pembelajaran yang digunakan di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran blended learning merupakan penggabungan dua model pembelajaran yaitu pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan pembelajaran luring (luar jaringan). Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengamatan secara langsung juga dilakukan peneliti mengenai implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran tematik kelas II MI Muhammadiyah Bodaskarangjati. Dalam menganalisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan MI Muhammadiyah Bodaskarangjati selama pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran blended learning yang merupakan gabungan antara pembelajaran daring dengan luring. Proses pembelajaran daring dan luring dilakukan dengan cara menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dimaksudkan meliputi menyiapkan materi dan membuat RPP. Pelaksanaannya yaitu dengan membagikan materi yang sudah disiapkan kepada peserta didik. Sedangkan untuk evaluasi yaitu dengan membagikan tugas kepada peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik mengalami penurunan pada pembelajaran luring sedangkan pada pembelajaram daring mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran daring peserta didik dibantu orang tua dalam mengerjakan tugas, terlebih pendidik juga tidak secara langsung mengawasi peserta didik pada saat pembelajaran dan tugas. Kata kunci : Blended Learning, Covid-19, Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Covid-19, Pembelajaran |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lutfiah Aris Widianti sdri |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15456 |
Actions (login required)
View Item |