Sofiah, sofiah (2022) PENANGANAN ANAK BERKESULITAN MEMBACA PADA KELAS BAWAH MI MUHAMMADIYAH KALIPETUNG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SKRIPSI SOFIAH 1717405167_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya kesulitan membaca merupakan kondisi tertentu yang dialami seseorang dengan ditandai adanya hambatan-hambatan terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penyebab kesulitan membaca yang dialami siswa saat belajar yaitu seperti: lemahnya daya ingat siswa untuk menghafal huruf, kurang bisa mengeja, masih keliru membedakan huruf, belum bisa memadukan huruf menjadi kata, adanya gangguan mental, dan lelahnya kondisi fisik yang secara tidak sadar mengganggu kesulitan anak dalam membaca. Tujuan umum dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana bentuk penanganan yang dilakukan oleh guru kelas bawah pada siswa berkesulitan membaca di MI Muhammadiyah Kalipetung. Tujuan khusus penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apa saja kesulitan-kesulitan dalam membaca siswa kelas bawah, 2) untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam membaca siswa kelas bawah, 3) untuk mengetahui apa saja penanganan yang dilakukan oleh guru kelas bawah MI Muhammadiyah Kalipetung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dalam menganalis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil temuan 1) kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu siswa masih ada yang belum hafal huruf-huruf abjad, masih ada yang keliru dalam membedakan huruf, masih ada siswa yang mengalami kesulitan pada saat membaca. 2) faktor yang menjadi penyebab pada kesulitan membaca yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, minat, dan emos. Sedangkan faktor eksternal meliputi pengaruh lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah. 3) Upaya guru kelas bawah dalam mengatasi kesulitan membaca adalah memanfaatkan media dan metode pembelajaran, melakukan pendekatan pada anak, memberikan bimbingan belajar di luar jam sekolah, dan memberikan tugas tambahan khusus bagi anak berkesulitan membaca. Tidak hanya itu guru kelas bawah juga berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang aktif agar siswa kelas bawah MI Muhammadiyah Kalipetung tertarik untuk belajar dengan serius tetapi masih bisa bermain sambil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Kesulitan Membaca, Penanganan. |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sofiah S |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 03:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 03:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15434 |
Actions (login required)
View Item |