KHUSNI, RAHMANDANI (2022) NILAI-NILAI PATRIOTISME DALAM PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V MIM LARANGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
KHUSNI RAHMANDANI_NILAI-NILAI PATRIOTISME DALAM PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V MIM LARANGAN KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
KHUSNI RAHMANDANI Nilai-Nilai Patriotisme Dalam .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
NILAI-NILAI PATRIOTISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SANGAT PENTING DIPELAJARI KARENA NILAI-NILAI PATRIOTISME INI DAPAT MENUMBUHKAN SERTA MENINGKATKAN PESERTA DIDIK DALAM RELA BERKORBAN, MELAKSANAKAN KEWAJIBAN DISEKOLAH SERTA DALAM MODELPEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW INI PESERTA DIDIK BISA MENJADI SISWA YANG PERCAYA DIRI, BERANI, BERTANGGUNG JAWAB DAN MANDIRI. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGETAHUI PROSES PEMBELAJARAN PPKN DI MIM LARANGAN, UNTUK MENGETAHUI CARA GURU DALAM MEMBERIKAN MATERI NILAI-NILAIPATRIOTISME KEPADA PESERTA DIDIK DAN CARA MENERAPKANNYA. PENELITIAN INI MERUPAKAN PENELITIAN KUALITATIF, TEKNIK PENGAMBILAN DATA DALAM PENELITIAN INI DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN OBSERVASI, WAWANCARA, DAN DOKUMENTASI. WAWANCARA DILAKUKAN KEPADA 7 ORANG 1 GURU KELAS V DAN 6 SISWA KELAS V MIM LARANGAN. LOKASI PENELITIAN INI DI MIM LARANGAN JL MELUNG WETAN RT 02 RW 06 KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKAN BAHWA DALAM NILAI-NILAI PATRIOTISME DALAM PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INI MENUNJUKAN PESERTA DIDIK BISA MANDIRI DAN BERTANGGUNG JAWAB, MENUMBUHKAN KERUKUNAN DAN SIKAP SOSIAL YANG BAIK, PROSES PEMBELAJARAN PPKN KELAS V MIM LARANGAN DILAKUKAN GURU DENGAN SELALU MENYIAPKAN PROSEDUR PEMBELAJARAN, GURU DALAM MENERAPKAN ATAU MENANAMKAN NILAI-NILAI PATRIOTISME MENGGUNAKAN STRATEGI ATAU MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, MENGGUNAKAN MEDIA DAN METODE YANG BAIK UNTUK MENANAMAKAN NILAI-NILAI PATRIOTISME KE PESERTA DIDIK. KENDALA YANG DIHADAPI DALAM MENGGUNAKAN MODEL TIPE JIGSAW INI ADALAH MEMAKAN WAKTU YANG LAMA, SISWA KURANG MEMPERHATIKAN MATERI YANG SEDANG DIJELASKAN, SEHINGGA KURANG MAKSIMAL DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PATRIOTISME DI LINGKUNGAN SEKOLAH. KATA KUNCI: NILAI PATRIOTISME, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, PPKN
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Patriotisme, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, PPKN |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education 900 Geography and history > 908 With respect to kinds of persons |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Khusni Rahmandani sdri |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 02:57 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 02:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15430 |
Actions (login required)
View Item |