PENERAPAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI RA MASYITHOH 10 KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

yulyani, yulyani (2022) PENERAPAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI RA MASYITHOH 10 KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
YULYANI_PENERAPAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYYAH DI RA MASYITHOH 10 KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.docx.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak memiliki cara yang berbeda dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran mengaji. RA Masyithoh 10 Karangtengah sebagai sebuah lembaga pendidikan menyadari bahwa tujuan pembelajaran akan tercapai jika mereka membuat pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar para siswanya. Salah satunya pembelajaran yang harus dimulai sejak dini agar anak mengetahui tentang agama yaitu dengan cara mengaji atau belajar huruf hijaiyyah terlebih dahulu. Selain itu mengajarkan akhlakul karimah dan pendidikan keagamaan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah laporan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Sementara objek penelitiannya adalah bagaimana penerapan media flashcard dalam pembelajaran huruf hijaiyyah di RA Masyithoh 10 Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Sedangkan subjek penelitianya adalah Kepala RA, Guru dan Murid. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknis analisi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media flashcard dalam pembelajaran huruf hijaiyyah di RA Masyithoh 10 Karangtengah, bahwa pembelajaran dengan metode ini membuat anak tertarik dalam belajar huruf hijaiyyah dan mempermudah guru untuk mengajak anak untuk belajar huruf hijaiyyah. Hal ini juga membuat anak lebih antusias dan semangat dalam belajar huruf hijaiyyah. Guru pun mempunyai tiga rangkaian dalam pembelajaran huruf hijaiyyah yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Penerapan Media Flashcard dan Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yulyani Yulyani sdri
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:03
Last Modified: 12 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

View Item View Item