MATERI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB AL-KHORIDAH AL-BAHIYYAH KARYA AHMAD BIN MUHAMMAD AD-DARDIR AL-‘ADAWI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Maria, Ulfah (2022) MATERI PENDIDIKAN TAUHID DALAM KITAB AL-KHORIDAH AL-BAHIYYAH KARYA AHMAD BIN MUHAMMAD AD-DARDIR AL-‘ADAWI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1817402013_Maria Ulfah_Skripsi Softfile (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya menepis hasrat seseorang untuk melakukan tindakan pelanggaran, pendidikan tauhid sangat dibutuhkan, karena salah satu penyebab perilaku buruk pada sebagian orang adalah kurangnya pemahaman tentang tauhid yang ada pada dirinya, sebab pada dasarnya orang yang bertauhid akan berusaha menjauhi suatu perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan isi materi pendidikan tauhid yang terkandung dalam kitab Al-Khoridah Al-Bahiyyah Karya Ahmad bin Muhammad Ad-Dardir Al-‘Adawi serta menganalisis relevansinya dengan pendidikan islam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Implementasi desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan kitab Al-Khoridah Al-Bahiyyah yaitu membuat desain pembelajaran dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan meggunakan kitab Al-Khoridah Al-Bahiyyah sumber belajar dan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII (tujuh), topik Mengenal Allah SWT. melalui Sifat Wajib Bagi Allah dengan Kompetensi Dasar yaitu meyakini bahwa Allah Maha Esa, Maha Mengetahui, Maha Mendengar, dan Maha Melihat; Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna dari sifat-sifat wajib bagi Allah SWT; Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid, Kitab Al-Khoridah Al-Bahiyyah, dan Desain Pembelajaran
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maria Ulfah
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:23
Last Modified: 10 Aug 2022 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15416

Actions (login required)

View Item View Item