Maretanisa, Windansa Putri (2022) IMPLEMENTASI METODE EJA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI YA BAKII KURIPAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
MARETA~1.PDF Download (1MB) | Preview |
Abstract
Membaca hal dasar yang harus dikuasai oleh siswa khususnya siswa sekolah dasar. Dengan membaca akan mengetahui segala informasi yang ada pada saat pembelajaran. Banyaknya siswa kelas 1 dalam keterampilan membaca masih mengalami kesulitan, ini menjadi perhatian khusus guru terhadap siswa. Metode eja bertujuan untuk menunjang keberhasilan keterampilan membaca siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu implementasi metode eja dalam keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses implementasi metode eja dalam keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Ya BAKII Kuripan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Pada Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, penelitian ini teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode eja dalam keterampilan membaca siswa melalui sarapan pagi pada pengimplementasian metode eja dalam keterampilan membaca siswa menggunakan sumber buku tematik. Keberhasilan dari pengimplementasian metode eja sangat signifikan terhadap keterampilan membaca siswa. Ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca, menulis. Jenis keterampilan membaca siswa yaitu membaca nyaring dan membaca senyap. Dalam proses pembelajaran keterampilan membaca siswa terdapat faktor keberhasilan ataupun hambatan yang meliputi faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eja, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MARETANISA WINDANSA PUTRI |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:18 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |