NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM VIDEO "TOLERAN DALAM BERDAKWAH DAN DAKWAHKAN TOLERANSI" (ANALISIS WACANA DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS)

Rini, Puji Lestari (2022) NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM VIDEO "TOLERAN DALAM BERDAKWAH DAN DAKWAHKAN TOLERANSI" (ANALISIS WACANA DALAM CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RINI PUJI LESTARI_NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM VIDEO TOLERAN DALAM BERDAKWAH DAN DAKWAHKAN TOLERANSI (Analisis Wacana Dalam Channel Youtube Jeda Nulis).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan banyak keberagaman salah satunya dalam hal beragama. Nilai-nilai toleransi di tengah keberagaman sangat diperlukan agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga. Toleransi dalam hal agama menjadi sesuatu yang penting untuk mencegah konflik dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Sikap saling mengharagai dan menghormati terhadap perbedaan adalah pondasi utama dalam menyikapi keberagaman. Salah satu pendakwah yang sering kali menyuarakan nilai-nilai toleransi adalah Habib Husain Jafar Al-Hadar. Ia adalah seorang tokoh muda Islam yang aktif berdakwah melalui media sosial. Dakwahnya yang damai membuat Ia banyak disukai oleh banyak kalangan bukan hanya umat Islam saja tetapi dari agama lain. Ia menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah tujuannya agar generasi muda saat mendapatkan tontonan yang bermanfaat. Konten dakwahnya dikemas dalam Channel Youtube miliknya yaitu Jeda Nulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana Van Dijk yang digunakan dalam mengkaji teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Penelitian ini memfokuskan pada tayangan video “Toleran Dalam Berdakwah dan Dakwahkan Toleransi” dalam Channel Youtube Jeda Nulis. Hal ini bertujuan untuk memahami nilai-nilai dakwah dan toleransi melalui prespektif tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan Budha yang dipaparkan oleh Habib Husain Jafar AL-Hadar, Pendeta Yerry Patirasarany, dan Biksu Zhuan Xiu. Penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai toleransi yang tercermin dalam video tersebut adalah adanya perbedaan di tengah keberagaman juga bisa bersatu. Saling menghargai dan menghormati meskipun berada di tengah perbedaan. Tidak saling menghakimi dan menghujat serta tidak ada paksaan dalam hal beragama. Berbeda secara keyakinan bukan halangan untuk bersama dalam hal kemanusiaan. Hal ini sejalan dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dakwah, Habib Jafar, Jeda Nulis, Toleransi Beragama.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rini Puji Lestari sdri
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:18
Last Modified: 08 Aug 2022 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item View Item