IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS 4 SDN KEDUNGWADAS 01 KECAMATAN BANTARSARI CILACAP

Ratna, Muarofah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS 4 SDN KEDUNGWADAS 01 KECAMATAN BANTARSARI CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ratna Muarofah_Implementasi Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di kelas 4 SDN Kedungwadas 01 Kecamatan Bantarsari Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Belajar adalah kebutuhan yang penting bagi siswa, karena dengan belajar siswa akan mendapatkan informasi atau pengetahuan yang lebih luas. Akan tetapi dalam masa pandemi dan new normal, meningkatkan minat belajar bagi siswa cukup sulit, terlebih pada saat pembelajaran online dan tidak sedikit dari siswa merasa bosan dan kurang antusias untuk belajar. Maka dari itu model pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi perlu di inovasikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran blended learning untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas 4 SDN Kedungwadas 01 Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran blended learning melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk perencanaan yaitu dengan menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyesuaikan sarana dan prasarana pembelajaran. Dan pelaksanaannya dilakukan secara daring dan luring yang mana 75% dilaksanakan secara luring dan 25% yang dilaksanakan secara daring. Kemudian evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes non tertulis dan tes tertulis. Dari pembelajaran blended learning ini menimbulkan minat belajar siswa, dibuktikan dengan adanya interaksi antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. Adanya pembelajaran ini menjadi variasi pembelajaran bagi siswa, sehingga siswa tidak merasa bosan. Dari pembelajaran ini menghasilkan output yang baik yaitu minat belajar siswanya menjadi meningkat, pembelajaran yang dianggap baru siswa ini menjadikan siswa antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan baik dan dari proses tersebut minat belajar siswa meningkat. Kata kunci: Implementasi, pembelajaran, blended learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran, blended learning.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratna Muarofah
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:44
Last Modified: 05 Aug 2022 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item View Item