STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK YWKA II PURWOKERTO

Anggar, Trijayanti (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK YWKA II PURWOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANGGAR TRIJAYANTI_STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK YWKA II PURWOKERTO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pendidikan anak usia dini di Indonesia masih memerlukan perhatian yang lebih lagi terutama dalam hal strategi pembelajaran. Pada anak usia dini sendiri ada beberapa hal yang perlu diajarkan yaitu berhitung. Walaupun dalam kenyataan berhitung belum boleh diajarkan kepada anak. Tetapi jika sedari kecil anak tidak diberikan pengetahuan mengenai berhitung akan membuat anak menjadi lebih kesulitan dalam belajar berhitung. Berhitung sendiri dinilai menjadi hal yang penting untuk kesiapan belajar anak di jenjang yang lebih tinggi lagi. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar kemampuan berhitung awal pada anak tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan berhitung kepada anak usia dini di TK YWKA II Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini di dapatkan dari berbagai sumber salah satunya yaitu wawancara dengan kepala sekolah dan guru di TK YWKA II Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap pemahaman anak mengenai berhitung. Ada dua strategi yang digunakan dalam pembelajaran pengenalan berhitung pada anak di TK YWKA II Purwokerto yaitu strategi pembelajaran melalui bermain dan strategi pembelajaran melalui bernyanyi. Penggunaan strategi pembelajaran melalui bernyanyi dapat menambah pengetahuan dan daya ingat anak pada angka dan nilainya. Pada penggunaan strategi pembelajaran melalui bermain membuat anak tidak bosan dan membuat anak menikmati kegiatan belajar. Kemampuan anak semakin meningkat yang ditandai dengan anak yang dapat berhitung sampai angka tiga puluh dan juga anak dapat mengerti mengenai pengurangan serta anak dengan mudah berhitung tanpa dibantu oleh alat maupun guru. Pada pembelajaran anak menjadi lebih mudah berhitung karena sudah mengenal angka yang lebih besar dan lebih kecil serta anak sudah mengetahui mengenai angka sebelum dan sesudah seperti halnya dalam penjumlahan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Berhitung, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Berhitung, Anak Usia Dini
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anggar Trijayanti
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:28
Last Modified: 05 Aug 2022 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item