ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KNALPOT K'YINX (KUYING) DESA KARANGSENTUL KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Ika, Nurhandraeni (2022) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KNALPOT K'YINX (KUYING) DESA KARANGSENTUL KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKA NURHANDRAENI_ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KNALPOT K'YINX (KUYING) DESA KARANGSENTUL KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa usaha knalpot yang berada di Desa Karangsentul Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga, salah satunya yaitu usaha knalpot milik Bapak Fitriono yang bernama knalpot K’yinx (Kuying). Usaha knalpot K’yinx (Kuying) merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan otomotif kendaraan bermotor yaitu pembuatan knalpot racing. Walaupun usaha tersebut masih terbilang industri baru, usaha knalpot K’yinx (Kuying) mempunyai keunggulan bersaing dengan produk lain yang di pasarkan. Dengan adanya persaingan di bidang otomotif kendaraan bermotor tersebut, diperlukan adanya strategi bersaing yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh usaha knalpot K’yinx (Kuying) Desa Karangsentul Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitiannya menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan berupa analisis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian dara, pemeriksaan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha knalpot K’yinx (Kuying) memiliki strategi bersaing yang diterapkan yaitu diferensiasi dengan mengutamakan kualitas bahan yang digunakan dan pengecekan produk ketika dipasarkan. Harga menyesuaikan harga bahan baku dan harga pasaran tertinggi. Produk mengutamakan kualitas dan proses pengerjaan. Pelayanan dan jasa yaitu mengutamakan kepercayaan pelanggan. Tempat yaitu memilih lokasi yang strategis. Waktu yang disesuaikan dengan pengiriman dan produksi knalpot. Dan promosi menggunakan reseller, media sosial, dan e-commerce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Home Industri
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ika Nurhandraeni sdri
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:37
Last Modified: 05 Aug 2022 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item