INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK NEGERI PEMBINA MORO KARIMUN KEPULAUAN RIAU

Intan, Maryati (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK NEGERI PEMBINA MORO KARIMUN KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INTAN MARYATI_INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TKN PEMBINA MORO KARIMUN KEPULAUAN RIAU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan multikultural adalah proses pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengubah struktur lembaga pendidikan agar siswa tidak membeda-bedakan antar sesama teman yang biasanya berbeda antar satu dengan yang lainnya misalnya berbeda dalam status sosial, berbeda dalam ras atau suku, berbeda dalam agama yang dianutnya dan masih banyak perbedaan lainnya. Proses pendidikan multikultural pada anak usia dini disampaikan melalui proses pembelajaran yang memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya, seperti pembelajaran tematik yang anak-anak pelajari setiap hari. Proses internalisasi pendidikan multikultural di TKN Pembina Moro disampaikan melalui pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tersebut disampaikan melalui kegiatan peserta didik dalam melakukan pembelajaran tematik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran tematik di TKN Negeri Pembina Moro Karimun Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa nilai-nilai pendidikan multikultural di TKN Pembina Moro yaitu nilai toleransi dengan mencerminkan sikap tidak membeda-bedakan antar sesame teman, nilai demokrasi yang tercermin pada saat kegiatan belajar mengajar yaitu pada saat guru melakukan pertanyaan terbuka ke peserta didik, nilai tolong-menolong yang dimana anak-anak menolong antar sesama pada saat melakukan pembelajaran dengan meminjamkan alat tulis kepada teman yang tidak membawa alat tulis dan nilai keterbukaan dimana anak-anak bisa bermain secara terbuka dengan teman-temannya tanpa membeda-bedakan antara satu dengan yang lainnya. Semua nilai multikultural ini didapatkan dalam pembelajaran tematik yang setiap hari anak pelajari. Strategi pendidikan internalisasi multikultural terdapat beberapa tahap yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transinternalisasi nilai. Internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran tematik di TKN Pembina Moro Kepulauan Riau dilaksanakan sehari-hari dengan melalui internalisasikan kedalam proses belajar mengajar dengan pembelajaran tematik dan melalui metode ceramah serta pertanyaan terbuka kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, strategi, nilai-nilai, internalisasi, dan pembelajaran tematik
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Intan Maryati sdri
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:40
Last Modified: 04 Aug 2022 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15295

Actions (login required)

View Item View Item