Depri, Apriyanto (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MI AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL KEC. PURWOKERTO BARAT KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.
|
Text
Depri Apriyanto_Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul cover-bab5.pdf Download (728kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka memperbaiki karakter peserta didik. Sehingga kemudian menjadi manusia yang utuh dan berkarakter dalam dimensi hati, fikiran, raga, rasa dan karsa. Pendidikan karakter menjadi solusi terbaik dalam rangka membentuk dan memperkuat karakter bangsa sehingga kemudian menjadi manusia yang bermoral dan mampu membentengi diri dari arus globalisasi yang begitu cepat seperti saat ini. Pendidikan karakter dalam ajaran agama Islam senantiasa dilakukan sejak anak masih dini, salah satunya yaitu dengan membiasakan shalat dhuha. Penanaman karakter melalui pembiasan shalat dhuha ini merupakan pendidikan karakter yang mengupayakan terbentuknya karakter serta moral anak sehingga terhindarkan dari degradasi moral dalam bentuk fikiran maupun dalam perilaku. Sehingga dalam penelitian ini akan mengkaji mengenai bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Kec. Purwokerto Barat Kab. Banyumas? Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Kec. Purwokerto Barat Kab. Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penggalian data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karakter yang dilakukan di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul adalah melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha yang senantiasa dilaksanakan oleh seluruh peserta didik serta dewan guru. Adapun nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah a) religius yang tercermin dari peserta didik melaksanakan shalat dhuha secara rutin, b) mandiri yang tercermin dari peserta didik melaksanakan shalat dhuha dengan tanpa adanya paksaan, c) disiplin yang tercermin dari peserta didik yang taat pada aturan dan ketentuan, d) bertanggungjawab yang tercermin dari peserta didik melaksanakan shalat dhuha ketika tiba waktunya baik berada di lingkungan sekolah maupun di rumah, e) dan komunikatif yang tercermin dari peserta didik menjalin hubungan dengan teman sebayanya baik ketika berada di lingkungan masjit tempat melaksanakan shalat dhuha maupun ketika berada di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai Karakter, Shalat Dhuha |
Subjects: | 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Depri Apriyanto |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15286 |
Actions (login required)
View Item |