MANAJEMEN PROGRAM E-LEARNING DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA PURBALINGGA

Muthia latifatun, Amanda (2022) MANAJEMEN PROGRAM E-LEARNING DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muthia Latifatun Amanda_Manajemen program E-learning di MA Minhajut Tholabah Bukateja Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh orang dewasa kepada mereka yang dianggap belum dewasa. Pendidikan adalah transformasi ilmu pengetahuan, budaya dan nilai-nilai yang di kembangkan dalam satu generasi sehingga dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Dalam pengertian ini, pendidikan bukan hanya sekedar transformasi pengetahuan, tetapi merupakan bidang transformasi budaya dan nilai-nilai yang sudah berkembang di masyarakat. Madrasah ini merupakan yayasan pendidikan Islam yang dimana sebagian besar siswa merupakan santri dari pondok pesantren Minhajut Tholabah. Walaupun madrasah ini tergolong madrasah swasta, namun semakin maju dengan perkembangan teknologi. Salah satu upaya untuk mengembangkan dunia pendidikan adalah dengan menerapkan program e-learning dengan menggunakan teknologi canggih yang ada saat ini, tanpa secara langsung merugikan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran menggunakan e-learning di MA Minhajut Tholabah Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi saat penelitian. Teknis analisis data, reduksi data, penyajian, keabsahan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam manajemen program e-learning sebagai berikut: kegiatan perencanaan yaitu dengan sekolah melakukan pelatihan dan sosialisali mengenai pembelajaran menggunakan e-learning, melakukan pendataan terhadap peserta didik yang berada diluar pondok siapa saja yang memiliki gadget , merancang RPP daring, menyelenggarakan rapat negosiasi media mana yang cocok untuk pelaksaan pembelajaran dan melakukan pelatihan terhadap bahan ajar yang digunakan. Kegiatan pengorganisasian dilakukan dengan melakukan kesepakatan antara peserta didik dan pendidik dalam penggunaan media pembelajaran yang akan digunakan. Kegiatan penggerakan, dilakukan dengan rutinitas pembelajaran seperti biasanya dengan menggunkan media yang telah ditentukan. Pada kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan tugas dari LKS atau dengan membuat soal sendiri yang nantinya siswa akan mengumpulkan tugas melalui media yang telah disediakan, untuk pengambilan nilai diambil dari nilai tugas harian dan tugas lainnya yang nantinya diakumulasikan dengan nilai PTS dan PAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Manajemen, Program
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muthia Latifatun Amanda sdri
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:56
Last Modified: 04 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15275

Actions (login required)

View Item View Item