Konsep Pendidikan Tasawuf Al-Ghazali Kajian Kitab Khalasah at-Tasanif fi at-Tasawwuf

Nian, Neviana (2022) Konsep Pendidikan Tasawuf Al-Ghazali Kajian Kitab Khalasah at-Tasanif fi at-Tasawwuf. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nian Neviana_1817402021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Generasi muda saat ini tengah mengalami problem yang serius yaitu krisis spiritual. Problem ini terjadi karena peradaban saat ini hanya mementingkan aspek jasmani saja, mengesampingkan aspek rohani/spiritual yang merupakan aspek esensisal manusia. Pendidikan tasawuf merupakan alternatif yang dapat ditempuh guna mengatasi krisis tersebut. Hal ini karena pendidikan tasawuf mampu menyeimbangkan aspek spiritual/hati dan aspek jasamani/akal. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran tasawuf pada peserta didik adalah kitab Khala>s}ah at-Tas}a>ni>f fi> at-Tas}awwuf yang merupakan salah satu kitab karya al-Gaza>li>. Kitab ini merupakan ringkasan dari karya al- Gaza>li> dalam bidang tasawuf yang memuat solusi bagi peserta didik untuk mengatasi krisis spiritual yang dialami. Tasawuf menurut al-Qusyairi> adalah menghilangkan perbuatan tercela hingga ke akarnya sehingga tidak mengulangi kembali perbuatan tersebut dan tersibukkan dengan Allah SWT. tanpa ada yang mampu mengganggu. Dalam proses tasawuf, peserta didik harus menempuh tiga tahapan yaitu takhalluq, taz#awwuq, dan tah}qi>q. Dalam pengajaran tasawuf terdapat enam materi dasar yang diberikan kepada peserta didik yaitu taubah, wara’, zuhud, tawakkal, s}abar, dan rid}a. Tujuan dari pendidikan tasawuf yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan mensucikan diri. Pada proses mensucikan diri, peserta didik harus menempuh tiga proses yaitu takhalli>, tah}alli>, dan tajalli>. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait konsep pendidikan tasawuf yang terdapat dalam kitab Khala>s}ah at-Tas}a>ni>f fi> at- Tas}awwuf. Adapun penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan analisis isi sebagai metode untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan hasil sebagai berikut. Kitab Khala>s}ah at-Tas}a>ni>f fi> at-Tas}awwuf mengandung konsep pendidikan tasawuf yang bercorak tasawuf akhlaki. Dalam kitab ini terdapat konsep tazkiyat al-nafs berikut: takhalli>, terdiri dari memurnikan keyakinan, taubah, meminta maaf, dan muh}a>sabah. Tah}alli, terdiri dari memperbaiki niat mencari ilmu, qiya>m al-lail, muja>hadah, mempelajari ilmu syari’at, mengorbankan diri, tawakkal, menghindari pergaulan yang buruk, zuhud, dan z#ikir. Tajalli terdiri dari mengamalkan ilmu yang telah diperoleh, amal s}aleh, dan berhubungan baik dengan sesama manusia. Konsep pendidikan tasawuf yang digagas oleh al-Gaza>li> dalam kitab ini relevan untuk diterapakan pada pendidikan tingkat atas, khususnya pada pembelajaran akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Tasawuf, al-Gaza>li>, Kitab Khala>s}ah at- Tas}a>ni>f fi> at-Tas}awwuf
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nian Neviana
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:36
Last Modified: 03 Aug 2022 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item