PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PENARUBAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

zahroh, fariidah (2022) PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PENARUBAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZAHROH FARIIDAH_PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PENARUBAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian yang dilakukan penulis membahas mengenai pembelajaran dan pembiasaan berbahasa Jawa Krama pada anak usia dini di TK Pertiwi Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan pembiasaan serta keterampilan berbahasa Jawa Krama anak usia dini di TK Pertiwi Penaruban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah TK Pertiwi Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga, dengan subjek penelitian meliputi siswa kelompok B, guru kelas kelompok B, kepala TK, dan orang tua siswa. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dan pembiasaan berbahasa Jawa Krama pada anak usia dini di TK Pertiwi Penaruban telah berhasil dilaksanakan secara maksimal. Hal tersebut ditunjukan melalui hasil analisi data observasi, penulis mendapatkan data bahwa perkembangan bahasa anak usia dini di TK Pertiwi Penaruban telah sesuai dengan harapan, hal ini terlihat pada keterampilan berbicara anak yang sudah baik dalam melafalkan satuan bahasa dan mengungkapkan keinginan dan gagagsan. Kata Kunci: Pembelajaran, Pembiasaan, Bahasa Jawa Krama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zahroh Fariidah sdri
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:06
Last Modified: 05 Aug 2022 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15254

Actions (login required)

View Item View Item