PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK SIKAP MANDIRI DAN DISIPLIN PADA ANAK KELAS 1 DI SD N 2 BERKOH, KABUPATEN BANYUMAS

Alfi, Fadilah (2022) PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK SIKAP MANDIRI DAN DISIPLIN PADA ANAK KELAS 1 DI SD N 2 BERKOH, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfi Fadilah_Peran Guru Kelas dalam Membentuk Sikap Mandiri dan Disiplin pada Anak kelas 1 SD N 2 Berkoh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peran guru kelas dalam membentuk sikap mandiri dan disiplin pada anak kelas 1 di SD N 2 Berkoh, Kabupaten Banyumas. Dekendensi moral atau penurunan sikap pada siswa terjadi dari tahun ke tahun khususnya pada sikap mandiri dan disiplin. Apalagi semenjak pelajaran daring atau belajar di rumah, anak menjadi semakin bergantung kepada orangtua. Anak yang tidak terbiasa dengan disiplin dan senantiasa bergantung pada orang lain dalam kehidupannya, maka akan kesulitan menghadapi masa yang akan datang. Oleh karena itu perlu adanya kontrol dan pembentukan sikap mandiri dan disiplin pada anak sedari dini. Peran guru tentu penting dalam membentuk sikap anak yaitu untuk menciptakan generasi yang berakhlakul karimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam membentuk sikap mandiri dan disiplin pada anak kelas 1 di SD N 2 Berkoh, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya yaitu guru kelas 1 dan siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh bersumber dari Kepala Sekolah, Guru kelas 1 dan siswa kelas 1. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peran guru kelas dalam membentuk sikap mandiri dan disiplin pada anak kelas 1 di SD N 2 Berkoh, Kabupaten Banyumas. Peran guru tersebut diantaranya adalah guru sebagai fasilitator, model, pembimbing, evaluator, dan manager. Hal ini ditunjukan dari adanya upaya yang dilakukan guru dalam membentuk sikap mandiri dan disiplin pada siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi juga terlihat adanya perkembangan sikap mandiri dan disiplin pada siswa di kelas 1 SD N 2 Berkoh, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Sikap Mandiri, Sikap Disiplin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfi Fadilah
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:04
Last Modified: 02 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15228

Actions (login required)

View Item View Item