PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP PGRI SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Tiyas, Sintiarini (2022) PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP PGRI SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tiyas Sintiarini_Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran PAI di SMP PGRI Susukan Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting. Karena, tujuan dari pendidikan ialah untuk mencapai perubahan perilaku, akal pikiran, spiritual, karakter serta mengembangkan potensi-potensi yang terdapat didalam diri setiap manusia supaya lebih terarah. Salah satunya upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam Pembelajaran PAI diperlukan adanya pendekatan. Salah satunya yaitu pendekatan humanistik. Pendekatan humanistik merupakan teori belajar yang memandang pada sisi perkembangan kepribadian peserta didik. Teori humanistik diimplementasikan pada materi-materi pelajaran yang sifatnya untuk membentuk kepribadian, karakter, perilaku, serta analisis terhadap permasalahan masyarakat atau sosial, dan diterapkan melalui metode atau strategi dalam kegiatan pembelajaran yang humanis. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI di SMP PGRI Susukan Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif. Data yang diperoleh peneliti yaitu dari pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, display data atau penyajian data dan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi waktu, teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, implementasi pendekatan humanistik di SMP PGRI Susukan Kabupaten Banjarnegara yang memfokuskan pada sub-pokok pembahasan (1) implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan. (2) implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan peserta didik melalui pembelajaran tanpa paksaan maupun tekanan. (3) implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan rasa percaya diri melalui penguasaan materi yang baik. (4) implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi kepada peserta didik melalui penghargaan atau reward yang diberikan guru dan juga dengan cerita ataupun nasihat-nasihat yang dapat membangun motivasi peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan Humanistik, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TIYAS SINTIARINI
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:00
Last Modified: 02 Aug 2022 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item