Devita, Meliana Sari (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI AKTIVE LEARNING (SAL) CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTs N 4 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SKRIPSI DEVITA MELIANA SARI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujun untuk 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman guru serta siswa terhadap metode croosword puzzle di MTsN 4 Banjarnegara, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana faktor penunjang serta penghambat penggunaan croosword puzzle dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran akhlak dan akidah di MTsN 4 Banjarnegara Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber informasi kepala sekolah, guru mapel Akidah alhlak dan 4 siswa kelas VIII, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi dan lembar wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman yang terdiri dari data colection (pengumpulan data), reduction data (data reduksi), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Guru sudah memahami tentang metode Crossword Puzzle karena dapat membantu guru lebih mudah dalam menyampaikan sebuah materi pelajaran ke siswa. Dengan adanya Crossword Puzzle guru dibantu untuk menjalankan proses pembelajaran berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Crossword Puzzle berperan dalam membantu siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Crossword Puzzle juga membantu siswa untuk memahami dengan cepat materi yang disampaikan guru. 2) Faktor pendukung strategi Crossword Puzzle di MTs N 4 Banjarnegara salah satunya sudah menyediakan tempat untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar, serta media yang telah disediakan oleh pihak sekolah untuk digunakan oleh guru dan siswa sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Kendala metode Crossword Puzzle dalam proses pembelajaran memiliki keterbatasan waktu pembelajaran dikarenakan sudah ditentukan dari madrasah, karena pembuatan Crossword Puzzle atau yang dikenal sebagai Teka-Teki Silang itu memakan waktu dalam pembuatan kotak-kotaknya, Penggunaan metode ini mampu meningkatkan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam bentuk interaksi, baik antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa lainnya. Bahkan interaksi ini lebih didominasi oleh interaksi antara siswa dengan siswa sedangkan guru hanya bersifat sebagai moderator saja. Metode ini mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Kata kunci : Implementasi, crossword puzzle, motivasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, crossword puzzle, motivasi |
Subjects: | 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Devita Meliana sari |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:58 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15220 |
Actions (login required)
View Item |