UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI KALISABUK 03 KESUGIHAN CILACAP

Ina, Latussangadah (2022) UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI KALISABUK 03 KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ina Latussangadah_Upaya Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Kalisabuk 03 Kesugihan Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah yang dihadapi dunia pendidikan yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini yaitu rendahnya kualitas pendidikan. Pada dasarnya pusat pendidikan adalah pembelajaran, oleh karena itu rendahnya kualitas pendidikan harus difokuskan pada kualitas pembelajarannya. Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti peserta didik, guru, materi, metode, sumber belajar, sarana dan prasarana serta administrasi. Proses mengajar berkaitan dengan bagaimana cara guru menjelaskan bahan kepada peserta didik. Untuk itu guru perlu menghubungkan materi dengan apa yang ada di sekitar peserta didik. Salah satunya yaitu upaya guru dalam memanfaatkan sumber belajar sebagai komponen kualitas pembelajaran. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam pembelajaran tematik sehingga guru harus dapat mendukung pembelajaran tematik dengan sumber belajar yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran tematik di kelas I SD Negeri Kalisabuk 03 Kesugihan Cilacap dan kendala yang dialaminya. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SD Negeri Kalisabuk 03 Kesugihan Cilacap. Dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru kelas I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait upaya guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran tematik di SD Negeri Kalisabuk 03 Kesugihan Cilacap yang dilakukan oleh guru kelas I sudah maksimal dengan guru dapat mengaplikasikan sumber belajar yang dipakai ke dalam pembelajaran tematik baik yang dirancang dan dimanfaatkan maupun yang belum ada, dilihat dari upaya guru dalam mempersiapkan, mendayagunakan dan mengevaluasi. Kendala yang ada dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaan tematik di kelas I meliputi peserta didik merasa kesulitan dalam pembelajaran tematik, karena itu guru perlu memilih sumber belajar yang tepat dan katerbatasan waktu. Kata Kunci: Upaya Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
900 Geography and history > 907 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ina Latussangadah sdri
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:56
Last Modified: 02 Aug 2022 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

View Item View Item