IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ AL-MUSKHAFIYAH SEMONDO GOMBONG KEBUMEN

Lutviana, Sholeha (2022) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ AL-MUSKHAFIYAH SEMONDO GOMBONG KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lutviana Sholeha_Implementasi Metode Qiro'ati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di TPQ Al-Muskhafiyah Semondo Gombong Kebumen.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah bagi setiap umat muslim. Setiap kali membaca Al-Qur’an, maka akan ada satu kebaikan yang didapat. Dalam membaca Al-Qur’an penting untuk memahami makna yang terkandung didalamnya, agar tidak salah memahami. Oleh karena itu, diperlukan kesungguguhan dalam membaca Al-Qur’an mulai dari Tajwid, makharijul huruf dan sifat-sifat huruf. Penelitian ini di latarbelakangi bagaimana cara praktis dan cepat dalam membaca Al-Qur’an, penggunaan metode dalam membaca Al-Qur’an merupakan hal yang penting, karena dipilih sebagai jembatan dan media transformasi pembelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang termasuk jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bagaimana Implementasi metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Muskhafiyah Semondo Gombong Kebumen. Serta manfaat yang diambil dari penelitian ini sebagai bahan informasi bagi guru dan wawasan terhadap peneliti. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawasan, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang di gunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, uji keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunkan metode Qiro’ati di TPQ Al-Muskhafiyah Semondo memiliki 9 kelas yang terdiri dari kelas pra Tk, Qiro’ati 1-6, Al-Qur’an, dan MADIN (Madrasah Diniyah). Tahap pembelajaran yang digunakan yaitu klasikal diluar kelas, pembukaan, klasikal didalam kelas, individu, klasikal, dan penutup. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Qiro’ati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Qiro’ati.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutviana Sholeha sdri
Date Deposited: 29 Jul 2022 05:13
Last Modified: 29 Jul 2022 05:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15119

Actions (login required)

View Item View Item