IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Ghozy, Mustofa (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ghozy Mustofa_Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 1 Taman Sari dilatarbelakangi oleh adanya penetapan pemerintah untuk menerapkan kurikulum 2013. strategi pembelajaran inkuiri dipilih sebagai pengantar dalam mata pelajaran IPA kelas IV karena pembelajarannya yang bersifat student centered dan sesuai dengan tujuan pembelajaran IPA yaitu siswa memiliki sikap ilmiah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategi pembelajaran inkuiri pada IPA kelas IV di SDN 1 Tamansari. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (research field) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana guru mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN 1 Taman Sari. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri sesuai dengan teori yang terdapat pada BAB II. Namun, langkah-langkah pada strategi inkuiri tidak diimplementasikan sesuai dengan urutan. Meskipun demikian, tujuan dari penerapan strategi tersebut tercapai dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias siswa dalam merespon pertanyaan guru pada hasil observasi dan dari nila rata-rata siswa kelas IV pada pembelajaran IPA yang berada di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Implementasi, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ghozy Mustofa sdr
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:17
Last Modified: 29 Jul 2022 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15089

Actions (login required)

View Item View Item