PENGARUH FUNDRAISING PENDIDIKAN DAN KINERJA KEPALA MADRASAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH SE-KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Slamet, Pamuji (2022) PENGARUH FUNDRAISING PENDIDIKAN DAN KINERJA KEPALA MADRASAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH SE-KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Slamet Pamuji_201765037_MPI_Tesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah mutu dalam dunia pendidikan merupakan kebutuhan yang harus disampaikan dan dirasakan oleh para siswa, guru, orang tua, masyarakat, dan para stakeholders pendidikan (pihak-pihak yang menaruh kepentingan terhadap pendidikan). Pendidikan bermutu dihasilkan oleh kepemimpinan kepala madrasah bermutu, kepala madrasah bermutu adalah yang professional. Kepala madrasah professional adalah yang mampu mengelola dan mengembangkan madrasah secara komprehensif (menyeluruh), oleh karena itu kepala madrasah mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah. Kepala madrasah professional dalam melaksanakan tugasnya penuh dengan strategi-strategi peningkatan mutu, sehingga dapat menghasilkan output dan outcome yang bermutu. Profesionalisme kepala madrasah akan menunjukkan mutu kinerja madrasah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data, cara mengumpulkan data antara lain: kuisioner, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data statistik regresi linier berganda. Adapun tempat penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sumbang, dengan Sampel penelitian MI Ma’arif NU Ciberem dan MI Ma’arif NU Banteran. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh antara fundraising pendidikan terhadap mutu pendidikan sebesar 17,5%, dengan kategori fundraising pendidikan pada tingkat sedang. 2) Terdapat pengaruh antara kinerja kepala madrasah terhadap mutu pendidikan sebesar 18%, dengan kategori kinerja kepala madrasah pada tingkat sedang. 3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara fundraising pendidikan dan kinerja kepala madrasah terhadap mutu pendidikan sebesar 19,3%. Dengan fundraising pendidikan dan kinerja kepala madrasah yang baik, maka mutu pendidikan akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fundraising, Kinerja Kepala Madrasah, dan Mutu Pendidikan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Slamet Pamuji sdr
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:08
Last Modified: 03 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item