PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BERBASIS DIMENSI INDEKS DESA ZAKAT DALAM MENDUKUNG PROGRAM LEMBAGA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK (LPEM) (STUDI KASUS: MASYARAKAT DESA KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS)

Ghina Rohadatul, Aisy (2022) PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BERBASIS DIMENSI INDEKS DESA ZAKAT DALAM MENDUKUNG PROGRAM LEMBAGA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK (LPEM) (STUDI KASUS: MASYARAKAT DESA KARANGKEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GHINA ROHADATUL AISY_1817204044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai lembaga pengelola zakat dalam mengentaskan kemiskinan menyelenggarakan suatu program yaitu program Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM). Bentuk dari ini adalah memberikan bantuan berupa zakat produktif pada desa yang memerlukan, dengan tujuan untuk memperbaiki perekonomian dan taraf hidup. Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis pengembangan kesejahteraan masyarakat Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dengan basis dimensi Indeks Desa Zakat (IDZ) yang nantinya akan diketahui layak atau tidak layak diberikan bantuan melalui dana zakat melalui program Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) dan bentuk program zakat produktif seperti apa yang sebaiknya diterapkan. Metodologi yang digunakan adalah mixed method research, yaitu penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis penelitian. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi yang didapatkan dari narasumber. Teknik analisis data menggunakan metode perhitungan yang dinamakan multi stage weight index yang digunakan untuk menghitung data hasil dari perhitungan IDZ, penyajian data yang disajikan dalam bentuk tabel dan juga grafik, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memaparkan pengukuran Indeks Desa Zakat (IDZ) yang mengacu pada lima dimensi, yaitu: Dimensi Ekonomi, Dimensi Kesehatan, Dimensi Pendidikan, Dimensi Sosial dan Kemanusiaan, serta Dimensi Dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Indeks Desa Zakat (IDZ) pada Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas sebesar 0.50. Jika dikategorikan kedalam score range maka Desa Karangkemiri termasuk dalam kategori yang cukup baik, yang artinya Desa Karangkemiri ini dapat dipertimbangkan untuk dibantu oleh BAZNAS dengan dana zakat. Akan tetapi jika dilihat dari dimensi ekonominya Desa Karangkemiri diprioritaskan untuk dibantu. Kata Kunci: Kesejahteraan, Masyarakat, Indeks Desa Zakat (IDZ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Masyarakat, Indeks Desa Zakat (IDZ)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.387 Kesehatan dan Keamanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: GHINA ROHADATUL AISY sdri
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:15
Last Modified: 22 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item