INTERNALISASI NILAI-NILAI IMAN DAN TAQWA DALAM KEGIATAN KULTUM DI TPQ AL MUKHLISIN CIKU KIDUL KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

Naufal Abdulloh, Naufal (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI IMAN DAN TAQWA DALAM KEGIATAN KULTUM DI TPQ AL MUKHLISIN CIKU KIDUL KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INTERNALISASI NILAI IMAN DAN TAQWA DALAM KEGIATAN KULTUM DI TPQ AL MUKHLISIN CIKU KIDUL KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai iman dan taqwa adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh pribadi seorang muslim, karena iman dan taqwa merupakan sumber dari segala hal kebaikan yang berguna bagi pribadi seorang dan juga masyarakat. Oleh karena itu internalisasi nilai-nilai iman dan taqwa sangat diperlukan dan harus diupayakan dalam pendidikan anak sejak usia dini. Salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan untuk proses penanaman nilai-nilai iman dan taqwa adalah melalui kegiatan kultum. Kultum tidak hanya sebatas ceramah yang singkat, akan tetapi juga banyak memiliki aspek keimanan dan ketaqwaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai iman dan taqwa dalam kegiatan kultum di TPQ Al Mukhlisin Ciku Kidul Brebes. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan komparatif kualitatif. Teknik pengambilan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan data yang sudah diperoleh nantinya akan di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh data temuan bahwa: (1) ada tiga tahapan dalam internalisasi nilai-nilai iman dan taqwa di TPQ Al Mukhlisin yaitu tahap transformasi nilai melalui pengajaran, kemudian tahap transaksi nilai yang melalui pengajaran dan keteladanan, dan tahap terakhir adalah tahap trans internalisasi melalui keteladanan dan pembiasaan; (2) menurut penulis sedikitnya ada empat nilai yang terkandung dalam kegiatan kultum: pertama, ada nilai Aqidah. Kedua, nilai ibadah. Ketiga, nilai muamalah. Keempat, nilai akhlak; (3) terdapat empat metode yang digunakan yaitu metode pengajaran, biasa dilakukan ketika dalam proses pembelajaran. Metode keteladanan, melalui sifat teladan yang diberikan guru serta pengurus TPQ. Metode pembiasaan, melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan yang diterapkan di TPQ misalnya yaitu pembacaan doa secara rutin, menghafalkan ayat-ayat Al Quran dan hadits-hadits pilihan, memberi salam dan menjawab salam. Metode pemberian nasihat yang diberikan oleh guru kepada siswa dan orang tua siswa agar menjadi lebih baik lagi. Dan kultum memiliki banyak manfaat yang bernilai baik bagi pertumbuhan karakter siswa. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Iman dan Taqwa, Kultum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naufal Abdulloh sdr
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:25
Last Modified: 22 Jul 2022 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15010

Actions (login required)

View Item View Item