Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus pada UPPD/Samsat Kabupaten Purbaligga

Dewi, Indras Iswari (2022) Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus pada UPPD/Samsat Kabupaten Purbaligga. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEWI INDRAS ISWARI_EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) (Studi Kasus pada UPPDSamsat Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber dana terbesar dalam pembiayaan pembangunan nasional yang berasal dari masyarakat. Salah satu pajak yang potensial adalah Pajak Kendaraan Bermotor. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan jumlah kendaraan bermotor di setiap tahunnya dilihat dari data yang diperoleh dari UPPD/Samsat Kabupaten Purbalingga bahwa Jumlah objek kendaraan bermotor yang terdaftar tahun 2017 sebanyak 378.823, 2018 sebanyak 379.700, 2019 sebanyak 402.731, dan 2020 sebanyak 417.326 unit. Pajak Kendaraan Bermotor merupakan pajak provinsi yang pemungutannya dilakukan di kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD)/Samsat di setiap kabupaten, salah satunya Kabupaten Purbalingga. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran dan efektivitas dari pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor yang dilakukan UPPD/Samsat Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri dari 3 (tiga) alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, serta yang terakhir verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat evektivitas pemungutan pajak kendaraan bermotor secara keseluruhan dari tahun 2017-2020 memiliki nilai interpretasi sangat efektif dengan rata-rata sebesar 101,49%. Dan jika dilihat dari tiga indikator yang digunakan untuk mengetahui efektivitas pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Purbalingga yaitu: wajib pajak, petugas pajak, dan penegakkan hukum Pajak Kendaraan Bermotor juga tergolong efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pemungutan, Pajak Kendaraan Bermotor
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Indras Iswari sdri
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:03
Last Modified: 19 Jul 2022 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14995

Actions (login required)

View Item View Item