STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sindi, Befianti (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI MI MUHAMMADIYAH 2 SLINGA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SindiBefianti_Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa kelas I di MI Muhammadiyah 2 Slinga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Membaca adalah proses seseorang untuk memperoleh informasi atau makna dari pesan yang ditulis oleh penulis. Oleh karena itu dengan membaca seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan serta pengalaman-pengalaman lain yang baru. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan tersebut seseorang harus bisa membaca, dan keberhasilan belajar membaca saat di sekolah sangat berpengaruh terutama di kelas I. Di kelas I siswa difokuskan agar bisa membaca dari tahap permulaan. Pada tahap permulaan siswa kelas I diharapkan untuk bisa hafal huruf abjad, membaca kata-kata dan membaca kalimat yang sederhana dengan benar. maka guru harus menyiapkan beberapa strategi-strategi yang menarik untuk menarik perhatian siswa supaya lebih semangat dalam mengikuti belajar membaca. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan dalam keterampilan kemampuan membaca siswa kelas I di MI Muhammadiyah 2 Slinga Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan jenis lapangan, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I di MI Muhammadiyah 2 Slinga. Agar memperoleh realita yang sesuai dengan fenomena. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melalui teknik observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Hasil penelitian dilapangan yaitu menunjukan bahwa kemampuan yang ada di kelas I MI Muhammadiyah 2 Slinga masih rendah karena terdapat siswa yang masih membutuhkan pendampingan dari guru kelas. Sedangkan strategi yang digunakan oleh guru kelas I adalah strategi bottom-up, top-down, dan interaktif. dalam penggunaan strategi tersebut guru juga menerapkan dengan media kartu huruf dan buku cepat baca. Dengan penggunaan strategi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dampak dari penggunaan strategi tersebut yakni meningkatnya kemampuan membaca siswa yang ditandai dengan siswa mampu membaca sendiri dan hanya belum bisa membedakan pada huruf “b” dan “d”. Kata kunci: Kemampuan membaca, Siswa Kelas I, dan Strategi guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Siswa Kelas I, dan Strategi guru
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sindi Befianti sdri
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:30
Last Modified: 15 Jul 2022 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item View Item